Unit-Unit Satuan Kerja STAI DDI Pangkep

 

LOGO-STAI-BARU.jpg

 Unit-Unit Satuan Kerja STAI DDI Pangkep :

1.)  Pusat Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat

             Tata kerja Pusat Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (P3M) adalah unsur pelaksana sebagian tugas dan fungsi STAI DDI Pangkep di bidang pelaksana kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berada di bawah naungan lembaga STAI DDI dan bertanggung jawab kepada Ketua.

             P3M ini mempunyai tugas menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dominan kerja sama dengan lembaga-lembaga lain, termasuk majelis-majelis ta'lim. Dalam melaksanakan tugasnya dengan dipantau oleh Wakil Ketua I Bidang Akademik, P3M merumuskan kebijakan di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat terkait dengan sosialisasi, da'wah serta pengalaman nilai agama, ilmu pengetahuan, teknologi, dan atau seni.

             Inplementasi dari tugas dan tanggung jawab P3M di lapangan selama ini telah menunjukkan kualitas yang signifikan. meskipun pelaksanaan program kerja lembaga ini diberikan kewenangan otonom terbatas, namun selama ini dalam melaksanakan tanggung jawabnya dilapangan terkadang ditemukan kendala dan tidak tepat waktu, karena factor modal transportasi yang tidak memadai.

            Jauh berbeda ketika oprasional bantuan Bus Kampus dari Kementrian Perhubungan RI ini, berfungsi dan dimanfaatkan oleh Mahasiswa dengan kesempatan pengabdian kampus kepada civitas akademik STAI DDI Pangkep dalam melaksanakan kegiatan Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat hampir tidak ditemukan lagi kendala terkait modal angkutan transportasi.

               Beberapa program P3M yang dilaksanakan selama berdirinya lembaga ini, pada dasarnya merupakan pengalaman praktis yang dilakukan STAI DDI Pangkep yang direalisasikan dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat. Upaya pengabdian dimaksud, dilaksanakan secara terus-menerus dengan memperhatikan aspek kuantitas maupun kualitasnya.

            Oleh karena itu, pengabdian masyarakat yang dilaksanakan STAI DDI Pangkep, diarahkan tidak hanya kepada pembina lembaga pendidikan Islam, tetapi juga pada instansi pemerintah maupun kepada lembaga sosial keagamaan dalam skop yang lebih luas, sehingga wajar dalam pelaksanaan kegiatannya dominan menggunakan alat transportasi.

            Adapun program kerja pusat tata kerja penelitian adalah melaksanakan, mengkoordinir, mengembangkan, memantau dan menilai pelaksanaan kegiatan penelitian serta bekerjasama dengan lembaga-lembaga lainnya. Untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab lembaga,

         Kemudian Pengabdian dimaksud meliputi; bidang da'wah pembinaan keagamaan pembina dan pemberdayaan pendidikan Islam dan SDM, dinamika sosial, ekonomi dan politik masyarakat Islam, pembinaan kewirausahaan dan pemberdayaan ekonomi menengah kebawah, penerapan IPTEK yang Islami, serta pembinaan dan pemberdayaan wanita yang disebut dengan Program Kerja Lapangan Integratif.

           P3M ini dipimpin oleh Ketua dan pelaksanaan tiugasnya dibantu oleh Sekertaris, selanjutnya dapat menunjuk atau mengangkat pelaksana kegiatan.

2.) Pusat Penjaminan Mutu (P2M)

              Pusat Penjaminan Mutu (P2M) adalah organisasi yang berorentasi kepada kegiatan sistemik penjaminan mutu pendidikan tinggi di Sekolah Tinggi Agama Islam Darud Da'wah Wal Irsyad (STAI DDI) Pangkep, untuk mengawasi penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat secara berkelanjutan (continous improvement). Karena itu, personalia P2M dalam rangka pelaksanaan programnya secara rutin melakukan studi banding ke PTN/PTS lain.

             Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi (SPM-PT) adalah proses penetapan dan pemenuhan standar mutu pengelolaan pendidikan tinggi secara konsisten dan berkelanjutan sehingga stakeholders (mahasiswa, orang tua, dunia kerja, pemerintah dosen tenaga penunjang serta pihak lain yang berkepentingan) memperoleh kepuasan. SPM-PT secara sinergi dilaksanakan oleh lembaga internal melalui susunan bentuk buku untuk dipedomani secara rutin.

            Tujuannya: P2M bertujuan untuk menjadi Pedoman Standar Penjaminan Mutu serta menjadiakan landasan bagi pelaksanaan sistem penjaminan mutu internal pendidikan di STAI DDI Pangkep.

3.) Unit Pelaksana Tehnis

1)UPT- Pangkalan Data dan Informasi 

                       Pangkalan Data dan Informasi STAI DDI Pangkep adalah rekaman data menyangkut penyelenggaraan akademik maupun non akademik, dimana PDPT memerlukan pengelolaan tersistem agar dapat menghasilkan informasi yang bermakna, data Sekolah Tinggi Agama Islam DDI Pangkep digunakan untuk mendukung pengelolaan perguruan tinggi (mencakup semua siklus manajemen, validasi dan kelengkapan data menjadi tanggung jawab bersama antara Ditjen DIKTI dan Perguruan Tinggi.

                      Pangkalan Data dan Informasi bertujuan untuk mendefinisikan dan mencari kesepadanan data yang ada diinternal Ditjen DIKTI dan entitas lainnya di siklus manajemen pendidikan tinggi, seperti BAN-PT, Kopertais, dan PSP (Pusat Statistik Pendidikan) Balitbang, menjamin integritas dan konsistensi antara data yang berasal dari ditjen DIKTI ataupun entitas lainnya disiklus manajeman pendidikan tinggi, mendifinisikan dan menklarifikasi proses bisnis masing-masing entitas didalam siklus manajemen pendidikan tinggi serta menjamin aliran data yang komprehensip dari dan Ditjen DIKTI, dan entitas pendidikan tinggi lainnya, merancang dan mengimplementasikan database terpusat Ditjen DIKTI, serta menghasilkan informasi yang komperehensif serta menjamin integritas, konsistensi dan validitas data pada umumnya berasal dari database Ditjen DIKTI yang memiliki struktur, platform, teknologi dan produk database yang berbeda.

                       Adapun manfaat PDPT adalah mendukung kebutuhan Perguruan Tinggi dalam memperpanjang ijin penyelenggaraan Program Studi, menyediakan pusat penyimpanan data pelaporan akademik dan non akademik Perguruan Tinggi, mendukung Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME), mendukung kebutuhan benchmarking Perguruan Tinggi, mendukung system berskala enterprise,menjamin keamanan data dilevel jaringan dan basis data, dan mendukung integritas dan konsistensi data.

                      Sejalan dengan tujuan PDPT bagi DIKTI, dimana Ditjen DIKTI memerlukan data dan informasi yang akurat berkaitan dengan pendidikan tinggi dalam rangka menentukan kebijakan-kebijakan dan diperlukan integrasi data dan informasi (PT, Kopertis, BAN-PT, dan lain lai), sehingga Ditjen DIKTI dapat mengavaluasi standar dan kebijakan yang telah dikeluarkan berdasarkan data dan informasi tersebut yang menjadi dasar analis untuk pembuatan kebijakan-kebijakan Pendidikan Tinggi.

2) UPT-Pengembangan Bahasa

                         Pelaksana Tehnis Pengembangan Bahasa (TPB) adalah lembaga khusus yang menangani program pendidikan Bahasa Intesif secara umum, terkhusus dibidang Bahasa Arab dan Inggris.

                       Unit ini lahir dibentuk unit ini adalah adanya dilandasi oleh keprihatinan tentang rendahnya kemampuan Bahasa bagi mahasiswa. Disamping memang kurikulum nasional memasukkan Bahasa sebagai bagian, Hal ini dapat dibuktikan dengan fakta bahwa sebagian besar mahasiswa sering mengalami kesulitan dalam menguasai literatur Islam klasik literatur bahasa Inggris. Karena itu, lembaga ini dengan rutin melaksanakan studi banding lembaga-lembaga lain yang senafas dan memiliki tujuan sama.

                             Tujuannya: melahirkan mahasiswa STAI DDI Pangkep yang memiliki kemampuan berbahasa Arab dengan baik secara lisan maupun tulisan serta memberikan bekal kepada mahasiswa tentang kemampuan membaca, memahami teks dan menerjemahkan, sehingga lebih mudah dalam mengkaji ilmu-ilmu keIslaman. Untuk melaksanakan lembaga ini dibentuk mtim khusus yang dipimpin oleh seorang ketua dan anggota-anggota ti m yang bertugas mengatur program pengajaran bahasa khususnya bahasa Arab dan Inggris.

2) UPT-Perpustakaan

                        Dalam melaksanakan visi, misi dan Tujuan perpustakaan di STAI DDI Pangkep memiliki peran dan fungsi yang sangat penting dalam rangka peningkatan mutu pendidikan. Perpustakaan merupakan salah satu sarana sumber belajar yang menyediakan berbagi sumber informasi untuk mendukung proses pembelajaran pada STAI DDI dan Perpustakaan ini berada di lingkungan kampus, yang pada hakekatnya merupakan bagian integral dari suatu perguruan tingginya, seperti yang STAI DDI Pangkep.

                        Terdapat tiga komponen dalam mengelola perpustakaan, yaitu ;

                 (1) Fasilitas fisik;

                 (2) Koleksi sumber dan;

              (3) Pesronal untuk mengumpulkan, mengorganisir badan informasi   yang dibutuhkan oleh pengguna perpustakaan.

                     Dari ketiga komponen diatas, komponen ketiga bisa membawa tampak hidup dan dinamis. Disamping koleksi sumber bacaab dalam perpustakaan dan fasilitas fisik tidak dapat diabaikan.

                Tujuaanya: Melakukan layanan untuk memenuhi kebutuhan informasi pengajar dan mahasiswa dalam lingkup STAI DDI Pangkep